TIPS dan TRIK AUTOCAD dengan EXCEL

Posted on April 13, 2012

9


Halo tema teman semua yang berkunjung ke Blog saya yang sederhana dan apa danya ini. Sejenak kita ber alih dulu dari Land Desktop, aku ajak dulu flash back kembali menggunakan Autocad. Walaupun Cuma sedikit yang saya pahami dan ketahui tentang Autocad 2D tapi tidak ada salahnya berbagi untuk sekedar share pengalaman.

Pertama kali saya bekerja saya langsung dihadapkan kepada pekerjaan yang mengharuskan kita menguasai atau setidaknya bisa menggunakan Autocad 2D, iya padahal pada saat kuliah dulu sama sekali tidak di kasih dan  diajari program ini. Tetapi saya beruntung sempat ikut kursus bersama teman-teman dulu di sebuah lembaga pelatihan, walaupun hanya dasar nya saja tetapi ada manfaatnya. Pada saat bekerja yang saya hadapi adalah As Built Drawing, yaitu gambar pekerjaan yang telah di selesaikan sesuai kontrak kerja maupun Addendumnya untuk kelengkapan administrasi PHO.

Pusing juga pertama kali menghadapinya karena buanyaak sekali gambar yang harus dikerjakan. Tetapi saya tidak menyerah heheehhe..

Dalam Proyek jalan 26,5 KM tentu sangat lama mengambar Long Profile dan Cross section nya per 50 meter. Dalam waktu 3 bulan lebih saya baru bisa menyelesaikannya, meskipun ada yang kurang dan di tambah tambah lagi. Semua di kerjakan secara Autocad manual.(cape deh)

Tapi saaat saya browsing-beowsing di internet ternyata  untuk Long section dan cross section pada autocad bisa dikerjakan dengan Ms. Excel lalu di Import data nya ke dalam Autocad. Setelah saya cari caranya  akhirnya ketemu juga. (buanyak sekali referensi yang saya dapat). Tentu yang namanya belajar itu susah, jadi saya mencoba dan mencoba sehingga pada akhirnya saya bisa (intinya tidak mudah menyerah)

Mungkin disini saya tidak akan memberi Paduannya (soalnya masih banyak yang lebih di tempat lain) tetapi hanya mengasih tips dan triknya saja.

Berikut tips dan trik nya

  1. pastikan  bahwa  gambar shop drawing yang akan di jadikan As built drawing memiliki kelengkapan data ukur survai
  2. untuk membuat autocad dari Ms.Excel dibutuhkan dahulu pengolahan data ukur survai tersebut sehingga akan muncul  data-data yang diperlukan Contonmya X,Y, Z(Elevasi)
  3. Jadikan dalam beberapa Sheet , supaya data Excel tersebut tidak tercecer dan membingungkan untuk di olah
  4. Gunakan notepad untuk memformat save as data, (catatan : data yang di save as di notepad harus di kasih nama .SCR di belakangnya)
  5. setelah selesai save as buka pada Autocad melalui Run script.
  6. akan terlihat hasilnya, dengan cara seperti ini pekerjaan akan jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan secara manual. Dari 3 bulan bisa diselesaikan 3 hari ( kalau nggak makan nggak tidur tentunya heheh)

Sekian dahulu tips dan trik dari saya, untuk lebih memperjelas dan mempertegas aku kasih screen outnya ya…

Image

ImageImage

Posted in: Uncategorized